5 Cara Mengatasi Asam Lambung

5 Cara Mengatasi Asam Lambung

Sudah bukan rahasia lagi kalau salah satu penyebab asam lambung naik adalah stres. Nggak cuma pekerja kantoran saja yang rentan sama stres, tapi mahasiswa dengan tugasnya yang bertumpuk, juga, lho!

Saat stres tiba, asam lambung pun menyapa. Pastinya, bikin menderita. Hmm, sebelum membahas bagaimana mengatasi asam lambung, kita harus tahu dulu, apa, sih, yang dimaksud dengan asam lambung ini?

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease / GERD adalah sebuah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.
Penderita penyakit asam lambung biasanya mengalami refluks asam yang ringan paling tidak dua kali seminggu, serta gangguan yang parah paling tidak sekali dalam seminggu. Karena sering muncul, asam lambung pun jadi dianggap penyakit biasa. Padahal, kalau lagi kambuh, penyakit ini ganggu banget!
Bayangin, harus presentasi materi yang sudah disiapkan berbulan-bulan, tiba-tiba asam lambung menyerang. Alhasil presentasi kerjaan bisa berantakan!
Oleh karena itu, pengidap penyakit asam lambung atau GERD perlu mengetahui cara untuk mengatasi asam lambung.

Asam lambung

Pertama, ubah pola makan yang lebih ramah untuk lambung. Misalnya, jangan makan berlebihan, makan secara perlahan, makan dengan porsi kecil tapi lebih sering, hindari makanan berlemak, terlalu asam, atau terlalu pedas, dan sebagainya.

Kedua, perbaiki pola tidur. Sesungguhnya, begadang nggak secara langsung menyebabkan naiknya asam lambung. Tapi, kalau lagi begadang enaknya ngapain sih? Merokok sambil minum kopi. Benar nggak? Kedua hal tersebut merupakan sedikit dari banyak pemicu asam lambung naik.

Ketiga, jaga berat badan ideal. Obesitas sangat lekat dengan berbagai macam penyakit, termasuk asam lambung. Ketika berat badan semakin naik, perut akan semakin terhimpit lemak dan akan memengaruhi otot terbawah dari esofagus. Selain dua poin di atas, menjaga berat badan ideal juga dapat dilakukan dengan melakukan olahraga secara teratur. Namun, pilih olahraga yang ringan saja, ya, seperti jalan santai, berenang, atau yoga namun dengan gerakan tertentu.

Keempat, perbaiki gaya hidup, seperti berhenti merokok, minuman beralkohol, atau bahkan pemilihan pakaian yang tidak terlalu ketat sehingga menekan tubuh.

Kelima, konsumsi bahan-bahan alami yang dapat bereaksi cepat mengurangi rasa tidak nyaman saat asam lambung naik, seperti jahe hangat, teh chamomile, atau madu. Madu sendiri sudah dipercaya khasiatnya menyembuhkan berbagai penyakit selama ribuan tahun, termasuk untuk kesehatan pencernaan dan asam lambung. Berbagai penyakit dapat diatasi oleh madu, bahkan hal ini didukung oleh banyak hasil penelitian. Mengutip salah satu artikel yang memuat Journal of Medical Research, manfaat utama madu untuk pencernaan, antara lain:

  • Madu sebagai sumber antioksidan dan penangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel yang melapisi saluran pencernaan. Dengan perannya ini, madu mencegah berbagai kerusakan yang ada di saluran pencernaan dengan menghilangkan radikal bebas.
  • Madu bekerja untuk mengurangi peradangan di kerongkongan.
  • Tekstur madu yang kental dapat melapisi selaput lendir kerongkongan dengan lebih baik.

Jadi gimana? Masih mau pelihara penyakit asam lambung? Di tahun 2023 ini, yuk canangkan, cukup gaji saja yang naik, asam lambung jangan!