5 Makanan Ini Menyebabkan Gangguan Kesehatan Mental

5 Makanan Ini Menyebabkan Gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan mental menjadi salah satu aspek penting pada kehidupan manusia. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah makanan. Ternyata pemilihan makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kestabilan pikiran dan suasana hati seseorang, bahkan pemicu asam lambung.

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Banyak studi yang membuktikan bahwa makanan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Hal ini bisa terjadi karena makanan dapat mempengaruhi kinerja sel dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh, dan proses tubuh dalam merespon stres.

kesehatan mental

(Sumber : Freepik)

Tahukah kalian bagaimana makanan bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental? Padahal saat kalian merasakan stress, makanan sehat mungkin menjadi hal terakhir yang bisa kita pikirkan? Sistem pencernaan manusia tidak hanya berperan dalam mengolah dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman, tetapi juga mempengaruhi emosi. Sekitar 95% hormon serotonin yang membantu tubuh mengelola suasana hati, diproduksi di saluran pencernaan yang dikelilingi jutaan sel saraf.

Serotonin merupakan salah satu zat yang dapat menghasilkan emosi bahagia atau senang. Selain itu, serotonin juga berperan dalam mengurangi rasa sakit serta mengatur waktu tidur dan nafsu makan. Oleh karena itu, apa yang kalian konsumsi dapat mempengaruhi suasana hati, kesehatan mental, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Namun, tahukah kalian bahwa ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan mental kita? Kafein, cokelat, alkohol, dan banyak lainnya. Makanan ini mungkin membuat kalian merasa bahagia, tetapi apakah itu baik untuk kesehatan mental? Agar bisa mencegahnya, perlu diketahui makanan apa saja yang bisa mengganggu kesehatan mental.

Dilansir dari your mental health pal, berikut 5 makanan yang dapat mengganggu kesehatan mental

  1. Minuman Mengandung Kafein

Female barista with apron holding decorated coffee glass

(Sumber : Freepik)

Kafein dipercaya dapat membantu lebih fokus dan mata menjadi tidak mengantuk. Hal itu terjadi karena kafein bersifat dehidrasi dan mengganggu pola tidur saat dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun, minum terlalu banyak kafein dapat menghabiskan kadar kalsium dan zat besi yang bisa menyebabkan kecemasan, mood rendah, dan lekas marah.

  1. Makanan dan Minuman Manis

Close-up of delicious donuts and muffins on yellow background

(Sumber : Freepik)

Makanan manis atau yang mengandung gula memang bisa meningkatkan energi dan secara signifikan mengganggu dapat meningkatkan suasana hati. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, makanan manis bisa membahayakan tubuh. Hal ini terjadi perubahan secara kimiawi tertentu didalam tubuh yang membuat kita ingin terus mengkonsumsi makanan manis. Sehingga, saat kita tidak menuruti tuntutan untuk makan manis, kita akan merasakan cemas hingga depresi.

  1. Makanan Goreng

Deep fried wonton on the white wooden surface.

(Sumber : Freepik)

Makanan yang digoreng dapat buruk bagi kesehatan mental. Hal ini dapat dipastikan dalam sebuah studi oleh Journal of Nutritional Science, orang yang makan gorengan mendapat skor negatif dalam tes kognitif yang mengevaluasi memori dan fungsi daripada yang tidak. Sebaliknya, mereka yang mengkonsumsi makanan nabati berperingkat lebih tinggi.

  1. Alkohol

Group of happy tourist young asia friends drinking alcohol or craft beer and having hangout party in night club at the khao san road.

(Sumber : Freepik)

Banyak orang percaya bahwa alkohol dapat memberikan efek menenangkan pada otak. Padahal, kenyataannya alkohol dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang menyebabkan dehidrasi dan gejala mabuk fisik yang dapat menyebabkan kecemasan. Selain itu, alkohol juga menyebabkan penipisan Vitamin B, yang menyebabkan mood atau suasana hati menurun.

  1. Fast Food atau Makanan Siap Saji

High angle of fast food on white table

(Sumber : Freepik)

Selain memiliki gizi yang rendah, fast food atau makanan siap saji juga dapat menghambat pensinyalan neurotransmitter, seperti dopamin dan serotonin (hormon bahagia). Hal ini dapat menyebabkan depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Nah, itu dia 5 makanan yang dapat mengganggu kesehatan mental. Selain beberapa makanan diatas, makanan dan minuman seperti alkohol, roti putih, daging merah, dan soda juga perlu dihindari karena buruk bagi kesehatan mental. Jangan membuat kesehatan mental kalian terganggu, karena kesehatan mental dapat mempengaruhi munculnya masalah kesehatan seperti asam lambung. Saat kalian mengalami kesehatan mental bisa menyebabkan rasa cemas berlebihan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. (IDM)