Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Air Kelapa Untuk Asam Lambung

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Air Kelapa Untuk Asam Lambung

Gejala asam lambung bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman untuk tubuh saat kambuh. Air kelapa dipercaya menjadi salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi saat asam lambung naik. Manfaatnya bisa diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya. Yuk, Simak manfaat air kelapa untuk penderita asam lambung!

Air kelapa
(Air kelapa, Sumber : Freepik)

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang cukup mudah didapatkan di Indonesia. Dibalik rasanya yang segar, air kelapa ternyata memiliki beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin, karbohidrat, mangan, potasium, sodium, dan magnesium yang dapat membantu pemulihan tubuh setelah berolahraga. Selain itu, ternyata air kelapa juga memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi gejala asam lambung naik.

Ketika asam lambung naik, sangat dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam karena bisa memperparah gejala. Tapi sebaliknya, kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman netral atau basa yang bisa membantu mengurangi gejala asam lambung dan menetralkan pH tubuh. Air kelapa secara alami merupakan cairan alkali yang bisa membantu mengurangi asam di dalam perut dan menjaga pH tubuh agar tidak terlalu asam.

Air kelapa juga merupakan sumber elektrolit yang bertugas dalam menjaga keseimbangan pH tubuh agar bisa mengendalikan asam lambung. Selain itu, elektrolit juga bermanfaat untuk memperbaiki kondisi tubuh akibat asam lambung dan masalah pencernaan lainnya. Itulah mengapa air kelapa sangat bermanfaat untuk meredakan gejala asam lambung.

Minum air kelapa
(Minum air kelapa, Sumber : Freepik)

Selain untuk mengendalikan asam lambung, air kelapa juga mempunyai beberapa manfaat lainnya untuk asam lambung.

  • Nutrisi kalium pada air kelapa dipercaya bisa membantu meredakan asam lambung naik karena sifatnya yang bisa menetralkan asam
  • Air kelapa dapat membantu tubuh menghasilkan lapisan lendir yang memiliki efek perlindungan terhadap asam lambung dan juga sebagai pencegah produksi asam lambung berlebih
  • Air kelapa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan karena mengandung serat
  • Air kelapa juga dapat membantu gejala lain yang sering menyertai refluks asam seperti mual sehingga membantu selama kehamilan
  • Air kelapa sebagai pendingin lapisan perut, yang bermanfaat untuk mengurangi sensasi terbakar saat asam lambung naik

Tidak hanya untuk asam lambung, air kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika kamu suka mengonsumsi minuman yang berasa tetapi rendah kalori, air kelapa bisa menjadi solusi nya. Bahkan, kalori dalam air kelapa lebih rendah jika dibandingkan dengan jus buah. Selain itu, air kelapa juga memiliki konsentrasi mineral yang lebih baik dibandingkan jus buah.

Tidak hanya itu saja, air kelapa juga bisa bermanfaat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, bahkan sifat antivirus dan anti bakteri yang dimilikinya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan potasium dalam air kelapa yang cukup tinggi juga bisa menjadi solusi untuk mencegah kram otot dan menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik.

Bukan rahasia lagi, jika air kelapa juga menjadi minuman yang sering dikonsumsi pada saat berolahraga. Selain sebagai alternatif minuman olahraga, ternyata air kelapa juga mengandung asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan pembentuk protein dalam tubuh manusia. Asam amino  dalam air kelapa yaitu arigin, juga bisa membantu tubuh merespons stres fisik setelah melakukan olahraga yang berat.

Meskipun air kelapa memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun perlu diingat saat mengkonsumsinya harus dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Karena air kelapa bisa membuat kadar kalium dalam darah menjadi terlalu tinggi sehingga bisa menyebabkan masalah ginjal dan detak jantung tidak teratur. (IDM)