Kenali Gejala Asam Lambung hingga GERD, Cegah Sebelum Terlambat!

Kenali Gejala Asam Lambung hingga GERD, Cegah Sebelum Terlambat!

Asam lambung merupakan zat yang mempunyai peran penting dalam proses pencernaan manusia. Asam lambung ringan biasanya mengalami refluks asam lambung kurang dari 2 kali seminggu. Namun, jika seseorang mengalami refluks asam lambung lebih dari 2 kali dalam seminggu mereka mungkin sudah menderita gastroesophageal reflux disease (GERD) dan menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

(Sumber : Freepik)

Saat asam lambung naik, dada akan terasa panas, nyeri pada ulu hati, perut terasa perih dan banyak gejala lainnya yang dirasakan pada bagian bawah dan perut. Kondisi naiknya asam lambung dan isi lambung ke esofagus atau kerongkongan disebut dengan refluks asam lambung. Kondisi ini terjadi karena otot pada bagian bawah kerongkongan (lower esophageal sphincter) menjadi lemah dan membuat asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Banyak kondisi yang bisa menyebabkan LES melemah, diantaranya orang yang lanjut usia, ibu hamil, melemahnya otot dinding pada lambung dan hernia hiatus atau masuknya bagian lambung ke rongga di dada. 

Seseorang yang mempunyai gejala asam lambung ringan biasanya mengalami refluks asam lambung kurang dari 2 kali seminggu. Kebanyakan orang mengalami asam lambung dimulai dari refluks asam lambung ringan. Jika seseorang hanya mengalami refluks asam lambung ringan, maka risiko mengalami komplikasi asam lambung umumnya masih rendah. Jadi, jika seseorang mengalami refluks sesekali atau asam lambung masih ringan. Tetapi, masih perlu dikhawatirkan karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan, walaupun hanya sementara.

Sementara, jika seseorang mengalami refluks asam lambung lebih dari 2 kali dalam seminggu mereka mungkin sudah menderita GERD. Meskipun GERD tidak menyebabkan kematian, tetapi GERD dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan dan komplikasi Kesehatan lainnya yang lebih serius jika tidak ditangani dengan cepat dan baik. Komplikasi yang bisa dipicu karena GERD, diantaranya ;

  • Luka terbuka di kerongkongan (ulkus esofagus)

Naiknya asam lambung dapat menyebabkan luka pada dinding kerongkongan. Hal ini bisa terjadi karena asam lambung yang naik mengikis jaringan di kerongkongan dan menyebabkan luka terbakar bahkan berdarah. Luka tersebut yang menyebabkan rasa sakit dan bisa menyebabkan rasa nyeri dan sulit menelan.

  • Penyempitan kerongkongan (striktur esofagus)

Selain menyebabkan luka, kerongkongan juga bisa mengalami penyempitan saat asam lambung naik. Luka pada kerongkongan bagian bawah karena naiknya asam lambung bisa memicu terbentuknya jaringan parut. Jaringan parut inilah yang bisa menyebabkan kerongkongan menyempit, yang menyebabkan masalah saat menelan.

  • Esofagus Barrett

Kondisi ini bisa muncul akibat gangguan asam lambung secara terus menerus yang menyebabkan perubahan sel dan jaringan lapisan esofagus pada dinding kerongkongan akibat iritasi. Pada kondisi yang parah, esofagus barrett bisa berubah menjadi kanker esofagus.

Inilah alasan mengapa asam lambung ringan perlu ditangani dengan cepat agar tidak berkembang menjadi GERD. Menerapkan pola hidup sehat bisa membantu mencegah munculnya gejala naiknya asam lambung. Menghindari gejala asam lambung yang paling ampuh untuk mengobati penyakit asam lambung adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu gejalanya asam lambung muncul, seperti makanan pedas dan makanan yang banyak mengandung lemak. Selain itu, kalian juga bisa memperhatikan beberapa kebiasaan seperti, makan dalam porsi yang lebih kecil, jangan makan mendekati waktu tidur, jangan tidur setelah makan, kunyah makanan secara perlahan.

Sementara itu, selain menerapkan beberapa cara diatas kalian juga bisa mencegah asam lambung naik dengan obat. Karena, tanpa pengobatan, asam lambung dapat menyebabkan komplikasi serius yang sudah disebutkan diatas. Kini, kalian bisa menangani asam lambung dengan Freshmag. Freshmag terbuat dari madu hutan alami dan kunyit yang telah teruji klinis tanpa efek samping dan tidak menimbulkan ketergantungan saat mengkonsumsinya. Produk ini memiliki manfaat untuk terapi penyembuhan masalah lambung, seperti asam lambung, maag, dan GERD. Freshmag telah tersertifikasi badan POM (TR203641251) dan telah dibuktikan khasiatnya oleh masyarakat Indonesia sebagai madu lambung herbal terbaik. (IDM)