Kunyit Bisa Untuk Asam Lambung? Ini Faktanya!

Kunyit Bisa Untuk Asam Lambung? Ini Faktanya!

Kunyit merupakan salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai bahan penyedap makanan. Padahal, jika ditelusuri lebih dalam, kunyit memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan, mulai dari tekanan darah hingga radang sendi. Tapi, apakah benar kunyit bisa untuk asam lambung ?

Gulai
(Gulai, Sumber : Freepik)

Pada umumnya, kunyit dikenal sebagai rempah yang memberikan rasa unik maupun pewarna alami pada makanan. Beberapa makanan yang sering memanfaatkan kunyit sebagai rempah adalah masakan gulai, rendang, dan kare. Namun, tahukah kalian bahwa selain sebagai rempah masakan, kunyit juga sudah dipercaya dari jaman dahulu sebagai bahan pengobatan tradisional. Hal ini karena kunyit mengandung berbagai nutrisi seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, dan zat besi.

Selain beberapa nutrisi tersebut, diketahui kunyit juga mengandung kurkumin, yaitu senyawa pemberi warna kuning pada kunyit yang diduga juga mempunyai senyawa antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker. Senyawa ini yang bisa membuat kunyit dapat membantu meredakan gejala asam lambung dengan mengurangi jumlah dan keasaman cairan di lambung. Selain itu, kurkumin pada kunyit juga dipercaya dapat mencegah ekspresi sitokin inflamasi di jaringan esofagus, sehingga bisa mengurangi risiko luka atau rusaknya kerongkongan dan jaringannya. Kandungan antioksidan di dalam kunyit juga dipercaya dapat mencegah peradangan pada kerongkongan yang dapat memicu terjadinya asam lambung dan mengatasi gastritis atau penyakit karena luka pada lambung.

kunyit
(Kunyit, Sumber : Freepik)

Selain untuk asam lambung, kunyit juga telah digunakan sejak dulu untuk menyembuhkan berbagai masalah Kesehatan, seperti

  1. Mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak kunyit dapat digunakan sebagai obat rematik alami dengan cara mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis.

  1. Mencegah penyakit jantung

Sifat antioksidan dan antiinflamasi dalam kunyit dipercaya mempunyai peran penting dalam mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

  1. Meringankan gangguan menstruasi

Kurkumin dapat kunyit dipercaya dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dan juga dapat meredakan kram yang umum dialami wanita selama menstruasi.

  1. Mengatasi gangguan saluran pencernaan

Selain untuk meringankan gangguan menstruasi, kurkumin dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis.

  1. Mencegah kanker

Sifat anti inflamasi dalam kunyit juga dipercaya dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker. Namun, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

Sari kunyit
(Sari kunyit, Sumber : Freepik)

Untuk mendapatkan manfaatnya, kunyit bisa dimanfaatkan dengan cara mengambil sari kunyit, membuat teh dari kunyit, atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen kunyit yang saat ini juga sudah banyak dijual secara bebas. Kalian bisa mencoba freshmag sebagai suplemen untuk meredakan gejala asam lambung kalian. Freshmag terbuat dari kunyit dan madu hutan alami. Seperti yang kalian tahu, kunyit mempunyai banyak manfaat untuk asam lambung. Begitu juga dengan madu. Madu mempunyai senyawa aktif yang berperan sebagai antioksidan sehingga bisa menjadi penangkal radikal bebas yang dapat merusak saluran pencernaan. Selain itu, madu juga dipercaya bisa melindungi lapisan kerongkongan dari iritasi naiknya asam lambung. Kombinasi kunyit dan madu hutan dalam freshmag juga sudah teruji secara klinis dapat membantu meringankan gangguan pada lambung. Jadi, kalian sudah tidak perlu repot lagi mengolah kunyit untuk mengobati asam lambung kalian. Karena sekarang sudah ada solusi praktis untuk asam lambung kalian. Jangan lupa konsumsi freshmag setiap hari ya!. (IDM)