MADU HUTAN ALAMI

MADU HUTAN ALAMI

Salah satu kandungan Freshmag adalah madu hutan alami. Madu hutan berasal langsung dari sarang lebah yang memakan nektar dari bunga, bukan cairan gula seperti madu biasa. Madu hutan juga disebut sebagai madu organik karena lingkungan hidupnya masih alami dan bebas dari pestisida.

Kandungan yang ada di dalam madu hutan, diantaranya: antioksidan, niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, magnesium, mangan, kalium, fosfor, dan zinc, serta fruktosa yang lebih sehat daripada sukrosa.

 

Perbedaan Madu Hutan dengan Madu Biasa

Banyak perbedaan antara madu hutan dengan madu biasa yang membuat madu hutan lebih unggul, diantaranya:

  1. Lebah pembuatnya. Madu hutan dihasilkan dari lebah jenis Apis dorsata atau lebah liar yang banyak hidup di kawasan hutan. Sedangkan, lebah biasa didapat dari lebah ternak dengan berbagai spesies.
  2. Rasa madunya. Madu hutan didapat setelah lebah hutan mengambil nektar dari berbagai tanaman yang ada di hutan, sehingga aroma dan rasanya menjadi lebih kompleks. Sedangkan, madu biasa terasa sangat manis karena lebah yang diternakkan diberi suplemen makanan tambahan berupa gula.
  3. Kandungan gizinya. Kandungan gizi pada madu hutan lebih kaya dan bergizi dibanding madu biasa. Salah satu kandungan unggulan pada madu hutan adalah antioksidan, bee pollen, dan propolis.
  4. Warna madunya. Madu hutan biasanya berwarna cokelat kehitaman karena mengandung mineral, enzim, dan zat lain yang jumlahnya lebih banyak dibanding madu biasa. Sedangkan, madu biasa berwarna cokelat keemasan.

 

Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan Lambung

Banyaknya kandungan gizi yang ada di dalam madu hutan membuat madu hutan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk kesehatan lambung. Beberapa manfaatnya, yaitu:

  1. Pengurangan tukak lambung. Sifat antibakteri dan antioksidan pada madu dapat mengobati luka lambung dengan sangat baik.
  2. Mencegah kerusakan sel di saluran pencernaan. Kandungan antioksidan dalam madu juga bisa menangkal radikal bebas yang akan merusak sel di saluran pencernaan. Hal ini sangat bermanfaat karena apabila sel pada saluran cerna rusak akan menyebabkan refluks atau naiknya isi lambung, seperti makanan, minuman, dan cairan asam lambung.
  3. Mengurangi peradangan di kerongkongan. Tekstur madu yang kental bisa melindungi lapisan kerongkongan ketika asam lambung kambuh, sehingga membuat lapisan di kerongkongan lebih sehat dan terlindungi.