Makanan Pedas Bikin Asam Lambung Semakin Ganas

Makanan Pedas Bikin Asam Lambung Semakin Ganas

Asam lambung naik bisa disebabkan oleh banyak faktor pemicu, salah satunya makanan pedas. Makanan pedas mengandung capsaicin yang bisa memicu gejala asam lambung naik dan iritasi pada lambung. Selain itu, capsaicin ini juga bisa memperlambat sistem kerja pencernaan sehingga Makanan pedas akan lebih lama berada di perut. 

Makanan Pedas
(Makanan Pedas, Sumber : Freepik)

Penderita asam lambung sangat dianjurkan untuk menghindari makanan atau minuman yang dapat menjadi pemicu asam lambung naik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena untuk mencegah kambuhnya gejala dari asam lambung dan agar tidak memperburuk kondisi asam lambung yang diidap. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari dan dibatasi untuk mencegah asam lambung naik, salah satunya makanan pedas.

Kalian pecinta makanan pedas? Sebaiknya kalian berpikir lagi untuk mengkonsumsinya. Meskipun kalian sudah terbiasa dengan makanan pedas, tetapi makanan pedas tetap bisa menyebabkan asam lambung naik. Dikutip dari WebMD, orang yang sering mengalami gejala naiknya asam lambung seperti mulas setuju bahwa makanan pedas adalah salah satu penyebab terburuk naiknya asam lambung.

Asam Lambung
(Asam Lambung, Sumber : Freepik)

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi dan nyeri ulu hati, yang didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat memicu gejala asam lambung naik dan iritasi pada lambung. Selain itu, capsaicin juga dapat memperlambat sistem kerja pencernaan. Yang berarti makanan akan diolah lebih lama di dalam perut, yang dapat menjadi faktor risiko mulas, mengiritasi kerongkongan yang sudah meradang, dan dapat memperburuk gejala asam lambung .

Hal tersebut juga didukung oleh beberapa alasan makanan pedas bisa membuat asam lambung naik

  • Banyak makanan pedas yang memiliki kandungan asam tinggi
  • Makanan pedas bisa mempengaruhi kadar asam dalam lambung sehingga dapat menyebabkan perut menjadi mulas
  • Selain menjadi penyebab mulas, makanan pedas juga bisa memperburuk rasa mulas karena lapisan esofagus yang sensitif terhadap asam lambung 
  • Banyak makanan pedas yang mengandung lemak tinggi sehingga dicerna secara perlahan yang bisa meningkatkan kemungkinan kadar asam lambung naik

Oleh karena itu, untuk kalian yang sering mengalami asam lambung naik, sebaiknya hindari segala macam makanan pedas. Dilansir dari Eatthis selain makanan pedas menjadi pemicu naiknya asam lambung, ternyata makanan pedas bisa juga menyebabkan beberapa penyakit ini lho!

1. Diare

Mulas biasanya menjadi reaksi pertama setelah makan-makanan pedas. Hal ini karena makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare. Saat makanan pedas sampai di usus besar, efek iritasinya bisa langsung terasa. Kemudian, tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus, sehingga memudahkan feses keluar dari usus besar. 

2. Insomnia

Makanan pedas bisa menyebabkan kualitas tidur menurun. Studi yang dipublikasikan dalam The International Journal of Psychology menyebutkan bahwa bahaya makan pedas bisa melukai perut dan mengaktifkan hormon kimia yang bisa membuat kamu terjaga di malam hari. Selain itu, makanan-makanan pedas di malam hari juga bisa membuat perut terasa begah, mulas, dan tidak nyaman saat berbaring.

3. Mengurangi sensitivitas lidah

Makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat mengurangi sensitivitas lidah dalam mengecap rasa. Jika sensitivitas berkurang, lidah tidak lagi berfungsi optimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang dapat ditolerir.

4. Radang Tenggorokan

Menurut The Mayo Clinic, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas bisa beresiko mengiritasi tenggorokan. Makanan pedas yang dikonsumsi akan masuk ke dalam tubuh yang akan meningkatkan suhu menjadi panas. Apabila suhu terlalu panas, maka dapat memicu disfungsi pita suara.

Jadi, apakah makanan pedas berbahaya itu tergantung seberapa pedas cabai atau makanan yang kalian makan. Makan makanan pedas boleh saja, karena kandungan capsaicin dalam makanan pedas juga mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Namun sebaiknya, kalian tetap membatasi untuk makanan-makanan pedas agar terhindar dari gejala asam lambung dan penyakit lainnya.

Selain membatasi makanan pedas agar terhindar dari gejala naiknya asam lambung, kalian juga tetap perlu melakukan penanganan dengan mengkonsumsi obat agar asam lambung kalian tidak semakin parah. Freshmag merupakan madu herbal untuk lambung yang bisa kalian konsumsi. Madu herbal freshmag terbuat dari kunyit dan madu hutan alami yang teruji klinis bisa mengurangi gangguan pada lambung tanpa efek samping. (IDM)