Mengenal Khasiat Obat Herbal Untuk Asam Lambung

Mengenal Khasiat Obat Herbal Untuk Asam Lambung

Meskipun tidak terlalu bahaya, jangan sampai kalian biarkan asam lambung naik mengganggu kenyamanan kalian. Berbagai jenis obat herbal yang bisa ditemukan di sekitar rumah ternyata juga bisa sebagai obat untuk asam lambung, lho! Tetapi, tetap konsultasikan dengan dokter ya! Terlebih jika kalian mempunyai kondisi Kesehatan khusus.

obat herbal
(Obat Herbal, Sumber : Freepik)

Asam lambung memang bisa menyerang siapa saja. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan rasa yang tidak nyaman di sekitar perut, tetapi juga bisa terus memburuk jika terus dibiarkan tanpa penanganan. Pada kondisi yang sudah parah, gejala asam lambung bisa berubah menjadi gastroesophageal reflux (GERD), kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan.

Ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan asam lambung naik, baik secara alami dengan obat herbal atau dengan obat-obatan medis. Beberapa jenis obat herbal yang bisa kita temukan dengan mudah di sekitar rumah seperti, kunyit, lidah buaya, dan madu juga ternyata bisa sebagai obat asam lambung. Berikut ini beberapa obat herbal untuk asam lambung dan manfaatnya :

1. Kunyit

Kunyit
(Kunyit, Sumber : Freepik)

Khasiat kunyit sebagai obat herbal memang sudah dipercaya secara turun temurun. Bahkan sudah dikenal sejak dulu jika kunyit bisa membantu menurunkan gejala asam lambung. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker. Senyawa ini, dipercaya bisa dapat meredakan gejala asam lambung dengan mengurangi jumlah cairan dan tingkat keasaman dari cairan asam lambung. Kandungan  polifenol dalam kunyit juga dapat membantu mencegah peradangan pada kerongkongan yang dapat memicu terjadinya asam lambung dan juga dapat membantu mengatasi gastritis akibat luka pada lambung.

2. Lidah buaya

Lidah Buaya
(Lidah Buaya, Sumber : Freepik)

Selain untuk perawatan luka, jus lidah buaya juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan  yang biasa terjadi di dalam perut dan kerongkongan saat asam lambung naik. Senyawa yang membuat lidah buaya bisa mengurangi peradangan adalah aloin, flavonoid, fenil iron, fenilpropanoid, kumarin, dan fitosterol. Selain itu, meminum jus lidah buaya juga bisa membantu melancarkan pencernaan, membuang racun dalam tubuh bahkan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Tetapi, walaupun banyak manfaat, jus lidah buaya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena bisa menyebabkan diare.

3. Jahe

Jahe
(Jahe, Sumber : Freepik)

Walaupun masih dalam perdebatan, manfaat jahe untuk asam lambung juga sudah didukung oleh beberapa riset. Mengkonsumsi jahe dapat membantu meredakan beberapa gejala asam lambung naik seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, sakit tenggorokan, dan sakit perut. Zat antioksidan dalam jahe seperti fenolik dan flavonoid, diketahui bisa membuat otot-otot di dinding lambung menjadi lebih rileks sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Beberapa studi juga menemukan bahwa jahe memiliki sifat antioksidan dan anti radang sehingga dapat membantu meredakan peradangan di lambung dan mengurangi produksi asam lambung.

4. Madu

Madu
(Madu, Sumber : Freepik)

Sejak lama, madu memang dikenal sebagai obat herbal yang baik bagi Kesehatan. Berbagai senyawa aktif, seperti flavonoid, asam fenolik, dan polifenol, berperan sebagai antiradang, mengatasi gatal, dan mengandung banyak sekali vitamin. Fungsi madu untuk asam lambung sebagai antioksidan bisa bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mencegah kerusakan sel di saluran pencernaan. Sebagai antiradang, madu juga bisa untuk meredakan peradangan di kerongkongan.

Selain obat herbal diatas, kalian juga bisa menurunkan asam lambung dengan minum larutan baking soda dan air. Baking soda merupakan salah satu obat asam lambung sering dipergunakan untuk menetralkan asam lambung. Selain itu, mengunyah permen karet juga bisa mengurangi asam lambung naik karena dapat merangsang laju aliran air liur. Sehingga, asam yang ada di dalam perut bisa dibilas oleh air liur dengan cepat dan akhirnya meredakan gejala asam lambung.

Namun, ingat. Ketika gejala asam lambung naik, kalian juga perlu menjaga gaya hidup dan pola makan yang baik, agar terhindar dari penyakit asam lambung. Mulai dari menghindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik, berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, kurangi stres, untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Selain itu, kalian juga tetap perlu melakukan penanganan dengan mengkonsumsi obat agar asam lambung kalian tidak semakin parah. Freshmag merupakan salah satu obat herbal yang bisa kalian konsumsi. Freshmag terbuat dari kunyit dan madu hutan alami yang teruji klinis bisa mengurangi gangguan pada lambung. Jangan lupa minum freshmag setiap hari ya! (IDM)