Minuman Ini Wajib Dihindari Untuk Penderita Asam Lambung!

Minuman Ini Wajib Dihindari Untuk Penderita Asam Lambung!

 Salah satu hal yang penting untuk dilakukan penderita asam lambung adalah menghindari yang bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Tak hanya itu, beberapa jenis minuman juga wajib dihindari. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kambuhnya asam lambung dan mencegah kondisi yang lebih buruk. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui beberapa minuman yang perlu dihindari untuk penderita asam lambung.

Minuman
(Minuman, Sumber : Freepik)

Gejala asam lambung bisa terjadi karena dipicu oleh beberapa hal seperti pola makan yang tidak teratur, pola hidup yang kurang sehat, stress yang berlebih, dan kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok. Gejala asam lambung juga sangat dipengaruhi dengan apa yang kalian konsumsi. Untuk menghindari kondisi yang lebih buruk, kalian perlu mulai memperhatikan hal-hal yang bisa menjadi pantangan asam lambung naik. Selain makanan, kalian juga wajib memperhatikan apa yang kalian minum. Minuman yang harus dihindari penderita asam lambung penting dikenali untuk menghindari kekambuhan atau memperparah penyakit.

Minuman Alkohol
(Minuman Alkohol, Sumber : Freepik)

Berikut beberapa jenis minuman yang wajib dihindari untuk penderita asam lambung.

Minuman beralkohol
Minuman beralkohol merupakan hal wajib yang perlu dihindari penderita asam lambung karena dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan dapat melemahkan otot di kerongkongan. Kondisi tersebut yang kemudian bisa membuat gejala asam lambung kambuh bahkan bisa memperparah kondisi asam lambung. Minuman beralkohol tidak hanya perlu dihindari untuk penderita asam lambung, tetapi juga disarankan dihindari karena kurang baik untuk Kesehatan.

Minuman berkafein
Selain minuman beralkohol, minuman yang mengandung kafein juga hal wajib yang perlu dihindari penderita asam lambung. Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti the dan kopi secara berlebihan dapat menjadi pemicu asam lambung naik. Hal ini terjadi karena minuman berkafein dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, terutama jika jumlah yang diminum terlalu banyak. Selain itu, minuman yang mengandung kafein di dalamnya terbukti dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah.

Minuman Bersoda
Soda tidak hanya akan membuat perut terasa kembung. Minuman berkarbonasi ini juga dapat menjadi pemicu asam lambung naik. Mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak dapat menyebabkan asam fosfat, yaitu bahan utama soda merusak lambung dan lapisan kerongkongan. Beberapa minuman bersoda bahkan mengandung kafein dan juga disajikan dengan rasa buah dengan tingkat keasaman tinggi sehingga semakin membuat soda bisa menjadi pemicu asam lambung naik.

Minuman Mengandung Lemak
Lemak tidak hanya ada pada makanan, tetapi kandungan ini juga bisa terdapat pada minuman. Minuman dengan kandungan lemak yang tinggi juga bisa menjadi pemicu gejala asam lambung. Hal tersebut bisa terjadi karena minuman berlemak tinggi dapat melemahkan otot katup kerongkongan bagian bawah. Kondisi ini membuat katup kerongkongan mudah terbuka dan membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Kandungan lemak tinggi pada minuman bisa kamu temui pada susu dan es krim.

Minuman Asam
Mengonsumsi minuman yang asam memang sangat menyegarkan. namun, sebaiknya kalian berhati-hati dengan minuman asam, terutama jus kemasan. Kebanyakan, minuman asam dibuat dari asam sitrat atau asam yang seringnya merupakan jenis asam sintetik. Kandungan asam sintetik tersebutlah yang dapat mempengaruhi produksi asam lambung dan meningkatkan resiko gejala asam lambung naik.

Pola Makan
(Pola Makan, Sumber : Freepik)

Selain menghindari minuman yang bisa menjadi pemicu asam lambung naik, kalian juga perlu membatasi bahkan menjauhi berbagai makanan dan kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok. Selain itu, pola makan dan kebiasaan hidup yang tidak sehat bisa memperparah gejala asam lambung yang dialami. Gejala asam lambung yang sesekali kambuh biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika naiknya asam lambung sering terjadi, sampai lebih dari 2 kali seminggu atau sudah menyebabkan peradangan di esofagus, maka keadaan ini dapat disebut sebagai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dan perlu penanganan lebih lanjut.

Maka dari itu, perlu konsumsi Freshmag setiap hari sebagai solusi agar gejala asam lambung kalian tidak berubah menjadi GERD. Freshmag adalah madu herbal yang terbuat dari madu hutan alami dan kunyit yang memang sudah terbukti bisa membantu meringankan gejala asam lambung. (IDM)