Punya Gejala Asam Lambung, Apakah Boleh Diet ?

Punya Gejala Asam Lambung, Apakah Boleh Diet ?

Masalah berat badan merupakan hal yang cukup banyak mendapatkan perhatian, khususnya orang yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini tambah menjadi perhatian jika kalian mempunyai gejala asam lambung. Pasalnya, makan sedikit saja, gejala asam lambung bisa langsung kambuh dan membuat perut terasa perih. Jadi, apakah orang dengan gejala asam lambung tidak boleh diet ?

Diet
(Diet, Sumber : Freepik)

Banyak orang yang mengira bahwa diet itu adalah program yang dilakukan dengan mengurangi makanan yang dikonsumsi sesedikit mungkin agar berat badan cepat turun. Padahal, anggapan ini sebagian besar adalah salah, lho. Diet sendiri bukan tentang mengurangi makanan yang dikonsumsi, tetapi lebih untuk mengatur pola makan seperti mengatur jumlah makanan dan memilih makanan. 

Diet bagi seseorang yang mempunyai gejala asam lambung memang bukan hal yang mudah, karena sekali saja terlambat makan, kondisi ini bisa memicu asam lambung naik dan membuat perut menjadi mulas. Tetapi, diet untuk penderita asam lambung juga bukan hal yang mustahil dilakukan. Terlebih bagi kalian yang mengalami kelebihan berat badan, diet bisa menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan berat badan ideal. Haal ini bisa membantu agar terhindar dari obesitas dan menurunkan faktor pemicu asam lambung naik.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara diet yang dilakukan. Bagi yang mempunyai gejala asam lambung tentunya pengaturan pola diet harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak memicu gejala asam lambung yang lebih parah. Diet bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

  1. Pilih Makanan yang Tepat
Makanan Diet
(Makanan Diet, Sumber : Freepik)

Bagi yang mempunyai gejala asam lambung, pemilihan makanan yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan diet. Kalian harus pintar memilih jenis makanan yang aman untuk asam lambung naik sekaligus tidak membuat berat badan naik. Memilih makanan yang mengandung rendah kalori dan lemak, tapi tinggi protein dan memperhatikan asupan karbohidrat harian bisa menjadi kunci utama dalam menjalankan diet.

Beberapa makanan yang perlu dihindari adalah, makanan yang sulit dicerna dan mengandung lemak tinggi dan makanan yang bisa memicu asam lambung naik. Selain itu, hindari juga karbohidrat yang terlalu banyak karena tidak hanya membuat berat badan tidak turun, tetapi juga bisa memperparah gejala asam lambung. Sebagai solusinya, kalian bisa mengganti asupan karbohidrat dengan buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian atau dengan sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi, seperti nasi merah dan roti gandum.

  1. Mengatur Porsi Makan
Porsi makan
(Porsi Makan, Sumber : Freepik)

Mengurangi porsi makan hingga sepertiga atau setengah dari porsi makan yang biasa. Tetapi, tetap ikuti panduan “makan sedikit tapi sering lebih baik daripada porsi besar dalam sekali makan”. Jika kalian terbiasa makan 3 kali sehari dalam porsi banyak, pada saat diet sebaiknya bagi porsi makan tersebut ke dalam 5-6 porsi kecil. Selain makan dalam jumlah kecil, kalian juga perlu memperhatikan jenis makanan yang tepat agar dapat membantu mengendalikan berat badan. 

  1. Rutin Olahraga
Olahraga
(Olahraga, Sumber : Freepik)

Diet juga perlu diimbangi dengan olahraga. Kalian bisa memulai dengan melakukan olahraga yang ringan. Pilihlah jenis olahraga yang dapat membantu mengecilkan ukuran perut seperti latihan kardio, berenang, senam aerobik, jogging atau bersepeda. Berolahraga secara teratur 3-5 kali dalam seminggu selama 30 menit-1 jam per sesi juga cukup. Selain olahraga, kalian juga bisa menambahnya dengan terus bergerak aktif dalam aktivitas sehari-hari seperti berjalan kaki, naik turun tangga, mengerjakan pekerjaan rumah seperti berkebun atau membersihkan rumah. Jenis olahraga dengan intensitas yang tinggi perlu dihindari karena dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan bahkan bisa membuat gejala asam lambung menjadi sering kambuh.

Jadi, untuk yang mempunyai gejala asam lambung masih bisa diet ya. Tetapi, diet harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan memperhatikan beberapa hal seperti pemilihan makanan yang tepat, mengatur porsi makan, dan olahraga yang rutin supaya agar terhindar dari gejala asam lambung naik. Jika diet dilakukan dengan baik, selain untuk menurunkan berat badan, diet juga bisa sebagai program untuk mengatur pola makan untuk mencegah gejala asam lambung semakin parah. (IDM)