Saat Asam Lambung Naik, Apa yang Harus Dilakukan?

Saat Asam Lambung Naik, Apa yang Harus Dilakukan?

Tahu nggak, sih, kalau setiap orang pasti pernah mengalami asam lambung naik setidaknya sekali dalam hidupnya? Unpopular opinion, mengalami asam lambung naik ternyata merupakan hal yang normal. Jadi, yang suka ngeluh asam lambung naik, kamu tidak spesial!

Yang perlu diperhatikan adalah, jika terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu dan bertahan selama beberapa minggu meski sudah minum obat, maka kamu mengalami sakit asam lambung kronis atau GERD.

Gejala paling umum yang dialami saat asam lambung naik adalah rasa mulas. Tapi, mulas bukan sembarang mulas. Rasa mulas ini menimbulkan rasa sakit seperti terbakar yang dapat naik dari perut hingga ke dada, atau bahkan ke tenggorokan. Istilahnya, heartburn. Walaupun menimbulkan rasa tidak nyaman yang amat sangat, tapi hal ini tidak berpengaruh pada jantung, lho.

Nah, saat serangan GERD terjadi, apa yang bisa segera dilakukan?

Makanya, kalau kemarin-kemarin sempat banyak berita kematian yang disebabkan oleh GERD, hal tersebut kurang tepat. Walaupun gejala antara serangan jantung dan GERD mirip, namun nyeri akibat serangan jantung dirasakan memberat, menjalar hingga ke lengan, leher, atau rahang, dan biasanya muncul setelah aktivitas fisik. Sedangkan nyeri akibat GERD dapat disertai dengan asam pada mulut, tidak dipengaruhi aktivitas fisik, serta tidak menjalar.

Melonggarkan pakaian
Penggunaan pakaian yang terlalu ketat, dapat menekan perut sehingga bukan nggak mungkin memicu asam lambung naik.

Nggak bawa obat? Kunyah saja permen karet!
Mengunyah permen karet ternyata dapat meredakan gejala yang menimbulkan rasa tidak nyaman saat asam lambung naik. Hal ini karena gerakan mengunyah mampu meningkatkan produksi air liur dan menyebabkan gerakan menelan lebih sering. Tindakan ini dapat mengencerkan dan membersihkan asam lambung di kerongkongan sehingga membantu meredakan rasa tidak nyaman yang dialami.

Mengonsumsi madu
Dengan berjuta manfaat yang dimiliki, memang punya stok madu di rumah nggak pernah salah! Untuk menyamankan asam lambung yang naik, madu mengandung zat yang mampu melindungi dinding kerongkongan dari iritasi, bahkan mengurangi peradangan. Selain itu rasanya yang manis, siapa yang nggak suka?

Mengonsumsi minuman yang mengandung jahe
Rasa minuman jahe biasanya menimbulkan hangat di tubuh kita, kan? Selain menimbulkan rasa hangat yang menyamankan, jahe juga mengandung antiradang yang akan mengurangi mual yang dirasakan saat asam lambung naik.

Serangan GERD atau naiknya asam lambung konon sering terjadi di malam hari. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti langsung tidur setelah makan, berkurangnya produksi air liur dan refleks menelan, berada dalam posisi berbaring, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu yang memicu naiknya asam lambung.
Nah, jika penyakit asam lambung menyerangmu di malam hari, coba lakukan hal berikut:

Meninggikan posisi tubuh
Berada dalam posisi berbaring rata, bagi beberapa orang yang mungkin mengidap asam lambung kronis, dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, cobalah untuk menambah bantal agar posisi kepala dan dada lebih tinggi. Jangan cuma kepala saja yang ditinggikan. Asam lambung aman, yang ada malah sakit leher!

Berbaring menghadap kiri
Hal ini karena posisi perut berada di bawah kerongkongan, sehingga asam lambung lebih sulit naik. Jika cairan asam keluar, gravitasi dapat mengembalikannya ke perut lebih cepat daripada saat berbaring di sisi kanan. Nggak percaya? Boleh dicoba nanti malam, ya!

Jangan langsung tidur setelah makan malam
Makan malam terakhir sebaiknya dilakukan setidaknya 3 jam sebelum tidur supaya tubuh bisa mencerna makanan dengan baik lebih dahulu. Jadi, dalam 3 jam kamu bisa baca buku, ngerjain tugas, nonton, baca, atau stalking akun media sosial mantan.

Nah, selamat mencoba! Coba tips buat asam lambung, ya, bukan stalking akun media sosial mantan!